Minggu, 24 Maret 2013

LONTONG TUYUHAN Makanan Asal Kota Rembang




Liburan, Kuliner Rembang Diserbu Pemudik

Lebaran memang identik dengan opor ayam, hampir setiap rumah menyediakan jenis makanan ini namun demikian bagi pemudik asal Rembang yang pulang ke kampung halamannya meskipun sudah menikmati opor ayam di rumahnya mereka masih memburu jenis makanan ini yang menjadi trade mark Kabupaten Rembang yakni lontong tuyuhan.

Berdasarkan pantauan Bangkit di sentra lontong tuyuhan yang terletak didesa tuyuhan kecamatan Pancur pada lebaran hari kedua terlihat parkiran baik mobil maupun sepeda motor terlihat penuh mereka rela mengantri untuk membeli makanan khas Kabupaten Rembang tersebut.

Agus pemudik asal lasem yang berdomisili di Semarang mengaku setiap pulang kampung selalu menyempatkan diri untuk mampir ketempat ini.

“Kami sekeluarga selalu mampir kesini untuk mencicipi makanan ini, kalau dibungkus dan makan dirumah rasanya sudah beda,” kata agus.

Selain di Desa tuyuhan hal yang sama terlihat di desa pereng kecamatan pancur, terlihat para penjual lontong tuyuhan sibuk melayani permintaan para tamu.

Selain lontong tuyuhan, makanan khas lain yang diburu para pemudik adalah sate sarepeh. Sate sarepah pak no dan sanem terlihat penuh. Hartono pemudik asal ngotet Rembang yang berdomisili di Jakarta jika sarapan biasanya menyempatkan diri di sate sarepah pak no.

Sedangkan saat syawalan giliran penjual legen dan siwalan yang berada di jalur Rembang – Blora yang raup untung. Cuaca yang panas menjadikan minuman khas Rembang ini menjadi semakin laris. Hampir setiap penjual legen dan siwalan di jalur tersebut dipenuhi para pengunjung syawalan.

sumber: www.rembangkab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BALI HOLIDAY

BALI HOLIDAY
M E ODASAMODRA