Minggu, 24 Maret 2013

Larung Kapal Sesaji Sedot Perhatian Puluhan Ribu Orang





Larung Kapal Sesaji Sedot Perhatian Puluhan Ribu Orang 


Rembang-Tradisi perayaan sedekah laut dan bumi Desa Tasikagung Kecamatan Rembang masih menjadi primadona hiburan untuk warga Rembang dan sekitarnya. Puncak kegiatan berupa larung kapal sesaji menjadi momen yang paling ditunggu dan mampu menyedot perhatian puluhan ribu orang .


Seperti tahun-tahun lalu, setelah miniatur kapal berisi sesaji dilepas oleh Bupati Rembang, selanjutnya dikirab keliling Desa Tasikagung bersama tim penggembira termasuk berkeliling di sebagian wilayah yang berada di seberang jalan jalur pantura. Akibatnya sempat terjadi macet hingga belasan kilometer dari dua arah, barat menuju timur dan sebaliknya.Usai dikirab, tiga kapal sesaji dilepas ke laut dan ritual dipimpin sesepuh desa..

Sesepuh Desa Bakri mengatakan Maksud dan tujuan melarung kapal sesaji , merupakan bentuk rasa syukur atas limpahan rizqi yang diperoleh warga yang 90% bermata pencaharian sebagai nelayan.

Terpisah, Supolo selaku Kepala Desa Tasikagung menerangkan, penyelenggaraan perayaan sedekah laut dan bumi desa setempat tahun ini lebih meriah dari sebelumnya. Tahun lalu hanya menelan biaya Rp500 jutaan lebih, untuk tahun ini menghabiskan dana Rp630 juta.

Peningkatan biaya perayaan tambah dia, dikarenakan situasi dan kondisi laut sangat bersahabat dengan nelayan, sehingga pendapatan meningkat signifikan. Dana penyelenggaraan yang tergolong bombastis untuk perayaan tradisi lokal tersebut sepenuhnya hasil swadaya masyarakat dari iuran yang dipungut tiap kali nelayan pulang melaut.

sumber: www.cbfmrembang.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BALI HOLIDAY

BALI HOLIDAY
M E ODASAMODRA